Laporan
Expense/Pengeluaran
1 1. Buat judul,nama,tanggal dan biaya per
kilometer.Biaya per kilometer ini untuk menentukan biaya transportasi nantinya.
2 2. Pertama buat jenis biaya
transportasi,misalnya kita ingin membuat biaya mingguan,maka buat akhirnya
dulu,yaitu dengan memberi sama dengan,dan mengisikan tanggal di akhir periode.
3 3. Di akhir periode akan terlihat tanggal
tersebut.
4 4. Kemudian kurangkan tanggalnya dengan
satu angka,dan salin formula ini ke kiri.
5 5. Masukkan jangkauan kilometer dari jarak
yang ditempuh dalam perjalanan di baris Nilai
kilometer.
6 6.Kemudian tentukan jumlah total di kolom
paling kanan dengan menggunakan menu SUM untuk menjumlahkan semua nilai yang
ada di kolom Hari.
7 7. Maka total nilai kilometer dalam satu
minggu akan terlihat.
8 8. Nilai reimburse bisa didapat dengan
mengalikan Nilai kilometer yang
ditempuh dengan biaya per kilometer.
9 9. Salin formula untuk reimburse ini ke
kanan,sehingga semua hari akan diperoleh nilainya.
1 10. Tentukan total nilai reimburse ini
dengan menggunakan SUM di kolom Total.
1 11.
Tentukan nilai-nilai lainnya di kategori
Biaya Transportasi ini.
1 12. Totalkan biaya transportasi menggunakan
SUM untuk menambahkan semua biaya transportasi harian.
1 13.
Salin ke semua hari formula ini,agar
total biaya transportasi terlihat.
1 14. Kemudian salin formula untuk kolom TOTAL
ke semua jenis biaya di bawahnya,termasuk biaya transportasi.
1 15.
Masukkan biaya-biaya lagi sesuai
kebutuhan Anda,misalnya biaya akomodasi dan biaya lain-lain.
1 16.
Di kolom Total,salin semua formula penjumlahan ke bawahnya.
1 17.
Untuk biaya akomodasi,tentukan di bagian
biaya tersebut,lalu jumlahkan biaya khusus untuk akomodasi di TOTAL AKOMODASI.
1 18.
Salin juga formula untuk TOTAL AKOMODASI
ke kanan.
1 19.
Maukkan biaya untuk lain-lain.
2 20.
Kemudian masukkan semua biaya total
harian di baris TOTAL PER HARI.
2 21.
Kalau sudah dibuat formulanya,seret ke
kanan untuk membuat formula untuk semua hari.
2 22.
Anda bisa menambahkan detil jenis
transaksi tertentu di bawah tabel utama.Ini misalnya untuk sesuatu yang terlalu
rumit kalau dituliskan secara eceran di bagaian tabel utama.
Sales Bugdet
Perencanaan Pengeluaran
1. Buat judul Perencanaan Pengeluaran.
2. Kemudian buat tabel seperti
berikut,yaitu ada kategori (karyawan dan operasional), serta 4 kolom
tambahan,yaitu Anggaran yang direncanakan,aktual,perbedaan dalam rupiah,dan
dalam persen.
3. Tentukan item-item pos anggaran di
sebelah kanan kategorinya.
4. Tentukan perencanaan berapa anggaran
untuk pos-pos tersebut.
5. Kemudian tentukan nilai aktualnya di
kolom Aktual.
6. Antara aktual/kenyataan dengan yang
dianggarkan ada bedanya,buat rumus untuk menghitung perbedaannya tersebut
dengan cara mengurangkan yang aktual dengan yang dianggarkan.
7. Salin rumus perbedaan tersebut ke bagian
bawah.
8. Buat rumus untuk menghitung perbedaan
dalam persen,yaitu dengan membagi kolom perbedaan dengan kolom anggaran.
9. Kemudian untuk memberikan format
persen,pilih semua sel di kolom Perbedaan (%) ini.Dan klik kanan serta pilih Format cell.
10. Klik
tab Number,kemudian klik Percentage.
11. Tentukan
decimal places menjadi 2.
12. Salin
formula ini ke bawah,maka semua akan terlihat semua menjadi presentase.
13. Kemudian
masukkan pengeluaran untuk kategori kedua,dan isikan jumlah yang dianggarkan di
kolom Anggaran.
14. Dan
isikan alokasi kenyataannya di Aktual.
15. Kemudian
salin formula di kolom Perbedaan hingga diperoleh perbedaan antara aktual dan
kenyataan untuk kolom Perbedaan.
16. Salin
juga kolom Perbedaan hingga ke bagian bawah.
17. Buat
fungsi SUM untuk bagian kolom Anggaran guna menjumlahkan total uang yang
dianggarkan oleh perusahaan.
18. Salin
fungsi SUM ini ke kanan hingga kolom Aktual dan Perbedaan pun dijumlahkan
totalnya.
19. Kemudian
untuk perbedaan di baris terakhir,Anda bisa menyalin dari sel di atasnya pada
kolom Perbedaan.
20. Dari
baris terakhir,Anda memperoleh gambaran,berapa sebenarnya total yang
direncanakan,lalu berapa total yang aktual,dan nilai perbedaannya dalam persen
dan dalam rupiah.Ini informasi yang sangat penting bagi bisnis Anda.
Sales Bugdet
1. Buat
title,bulan dan divisi dari tabel sales budget.
2. Buat
tabel dengan beberapa kolom,seperti nomor item,deskripsi,unit,pengeluaran per
unit,penjualan direncanakan,dan presentase dari total.
3. Tentukan
nomor item dari produk.
4. Isikan
nama produk di Deskripsi.
5. Tentukan
jumlah unit dan nilai pengeluaran per unit.
6. Format
kolom Pengeluaran dengan rupiah.
7. Hasilnya,kolom
Pengeluaran per unit akan memiliki tampilan rupiah.
8. Hitung
Penjualan direncanakan,yaitu perhitungan antara unit dikalikan dengan
Pengeluaran per unit.
9. Salin
formula ini ke bawah.
10. Hitung
total dari kolom Penjualan direncanakan untuk menghitung total pengeluaran
sales.
11. Hitung
persentase dari pengeluaran tiap produk dibandingkan dengan totalnya.
12. Maka
terlihat tampilan porsi tiap item terhadap keseluruhan.
13. Klik
kanan dan pilih format cells.
14. Saat
format ke Number > Percentage,dan buat persentase dengan nilai desimal 2.
15. Akhirnya,dapat
persentase dengan tampilan dua digit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar